Universitas Terbuka Makin Eksis, Informasi dan Pengetahuan Tak Lagi Berjarak

Dunia pendidikan saat ini didorong untuk mampu menyediakan layanan pendidikan berbasis teknologi dan membangun kelas-kelas baru dalam layanan pendidikan bertajuk online learning, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi karena teknologi internet dan wold wide web telah merevolusi dunia saat ini, termasuk di dunia pendidikan. Kedua teknologi ini membuat informasi dan pengetahuan tak lagi berjarak dapat dimanfaatkan masyarakat secara mandiri dari tempat tinggalnya tanpa harus bertemu dan berkumpul di ruang kelas nyata. Ini yang telah diterapkan oleh Universitas Terbuka (UT).

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur UT Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Padang Yusrafiddin pada SumbarFokus, baru-baru ini.

 

Universitas Terbuka Padang Jalankan Program Kampus Merdeka

Sejak Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mewajibkan setiap perguruan tinggi melatih mahasiswanya belajar daring, Universitas Terbuka (UT) diminta oleh Kemenristekdikti untuk membantu perguruan tinggi negeri atau swasta di Indonesia dalam penyelenggaraan kuliah online. Selanjutnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim juga mendukung kebijakan tersebut dengan meluncurkan program Kampus Merdeka untuk melepaskan belenggu agar lebih mudah bergerak dalam rangka mempermudah generasi bangsa mendapatkan hak pendidikan.

Dalam rangka mempermudah generasi bangsa mendapatkan hak pendidikan, Universitas Terbuka (UT) Padang dan Universitas Negeri Padang (UNP) bekerjasama membuka dua (2) bidang studi yakni Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Kerjasama antara UT Padang dan UNP dalam dua bidang studi tersebut dibuktikan dengan menggelar pelatihan perkuliahan daring, yang diadakan di Auditorium UNP. Pembukaan pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Profesor Yunia Wardi, Senin (02/03/2020) yang dihadiri oleh 3.863 orang mahasiswa pada hari pertama, dan selebihnya pada pertemuan kedua dengan jumlah tujuh ribu enam ratus mahasiswa.

Lembaga pendidikan, terutama perguruan tinggi, memegang salah satu peranan dalam upaya mewujudkan program pemerintah SDM Unggul Indonesia Maju,  dalam hal ini, khususnya peningkatan sumbar daya manusia (SDM) Kabupaten Kepulauan Mentawai. Hal tersebut diakui oleh Bupati Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Yudas Sabaggalet, saat membuka kuliah perdana Pasca Sarjana di gedung perkuliahan kampus Akademi Komunitas Negeri Kepulauan Mentawai , Sabtu (8/2/2020).