Kupas Tuntas Pembelajaran Online dan Pemerintah Desa melalui Bedah Buku

Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan Bedah Buku yang berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 17 – 18 Desember 2019 di Universitas Terbuka Convention Center dengan melibatkan dua penulis dan empat panelis. Bedah Buku kali ini membahas buku “Pembelajaran Online” karya Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. dan “Pemerintah Desa, Nagari Gampong, Marga dan Sejenisnya” karya Prof. Dr. Hanif Nurcholis, M.Si. Kedua buku ini telah resmi diluncurkan pada puncak acara Dies Natalis ke-35 Lustrum VII Universitas Terbuka yang jatuh pada tanggal 4 September 2019 silam. Tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini adalah sebagai ajang diskusi dan menambah wawasan bersama dengan para penulis, panelis, akademisi serta masyarakat umum.

Bedah buku ini resmi dibuka oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat., M.Bus., Ph.D., Selasa (17/12/2019). Dalam sambutannya, Rektor UT mengundang para guru besar UT untuk berkontribusi aktif dalam kegiatan bedah buku. Prof. Ojat menambahkan bahwa saat ini penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) UT yang didesain oleh pemerintah 35 tahun silam merupakan sistem pembelajaran yang masif dan mampu meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi.

Pada hari pertama disajikan buku dengan judul “Pembelajaran Online” karya Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. (Rektor UT Periode 2013-2017). Adapun panelis dalam acara tersebut adalah Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, Direktur Pradita Institute dan Prof. Daryono., S.H. M.A., Ph.D., Kepala Pusat Riset dan Inovasi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh UT. Bertindak sebagai moderator acara adalah Prof. M. Gorky Sembiring, M.Sc.

Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. telah berkecimpung selama 30 tahun lebih dalam dunia pendidikan jarak jauh. Ia menyaksikan secara langsung pesatnya perkembangan dan perubahan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Peran serta TIK dalam perkembangan pendidikan menjadi jembatan dalam mendukung pendidikan jarak jauh yang masif. TIK juga berperan penting dalam pemerataan akses pendidikan dan pemanfaatan sumber-sumber pembelajaran yang ada.

Buku ini merupakan kompilasi hasil tulisan Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. seperti artikel, jurnal, makalah dan lain sebagainya yang disusun secara runtun dan komprehensif. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pembaca dalam memahami pendidikan jarak jauh dan pembelajaran online.

Pada hari kedua, pemaparan buku dengan judul “Pemerintah Desa, Nagari Gampong, Marga dan Sejenisnya” karya Guru Besar UT Prof. Dr. Hanif Nurcholis, M.Si. Bedah buku kali ini menghadirkan Prof. Dr. Bagir Manan, Guru Besar Universitas Padjadjaran dan Prof. Dr. Sadu Wasistiono, M.Si., Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri selaku panelis. Bertindak sebagai moderator acara adalah Dr. Nurhidayat, M.M.

Buku ini sangat relevan dengan isu pembangunan di Indonesia yang berorientasi ke desa. Prof. Dr. Hanif Nurcholis, M.Si. merupakan ilmuwan dan pakar yang menekuni kajian di bidang kajian tata kelola dan pemerintahan desa. Buku tentang pemerintah desa ini masih sangat terbatas di Indonesia. Prof. Dr. Hanif Nurcholis, M.Si. berupaya menarasikan pemikirannya dengan didukung data dan informasi sejarah normatif hukum di Indonesia untuk mengonstruksi ulang ‘desa’. Dengan tujuan organ pemerintahan yang benar-benar sesuai dengan lembaga pemerintah dalam memberikan layanan publik tingkat dasar kepada masyarakat desa dengan fungsi utama menyejahterakan.