Review ICDE Membawa UT Melangkah Makin Mantap

Sebagai pionir Perguruan Tinggi Terbuka Jarak Jauh, Universitas Terbuka terus berupaya meningkatkan pelayanan dan fasilitas untuk mahasiswa yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air maupun di luar negeri. Salah satu upaya meningkatkan dan menjamin kualitas layanan pendidikan adalah dengan mengundang quality reviewersdari the International Council for Open and Distance Education (ICDE). Tim reviewers ini bertugas memfasilitasi dan memberikan bantuan dalam pelaksanaan kegiatan penelaahan mutu kelembagaan UT.

Review telah dilaksanakan dari tanggal 9-13 Desember 2019 di UT Pusat dan di 4 UPBJJ, yaitu Palembang, Manado dan Surakarta. lima hari proses review dengan kunjungan ke berbagai unit dan juga UPBJJ menyiratkan bahwa proses review ini sangat signifikan dengan keberadaan UT yang makin mengutamakan kualitas. Penutupan dilaksanakan pada Jumat  13 Desember, 2019) dengan acara tunggal mendengarkan hasil pengamatan dari tim reviewer ICDE yang nantinya akan dirapikan kembali dan secara resmi dikirimkan ke UT hasil review resmi sekaligus  rekomendasi yang harus dilaksanakan sebagai langkah perbaikan. Secara umum ada beberapa hal yang disampaikan diantaranya, pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan pada abad 21, pengembangan rancangan pembelajaran yang inovatif, serta peningkatan infrastruktur jaringan sebagai sarana pendukung pembelajaran mahasiswa.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. mengucapkan terima kasih kepada Prof. Shironica Priyanthi Karunanayaka, Prof. Ebba Ossiannilsson, dan Prof Alan Tait dari ICDE, serta seluruh jajaran pimpinan UT yang terlibat dalam proses review yang berlangsung selama lima hari di UT Pusat maupun di UPBJJ. Rektor juga menyampaikan terima kasih atas saran dan rekomendasi yang diberikan kepada UT guna meningkatkan pelayanan UT kedepannya. Acara penutupan diakhiri dengan pemberian cinderamata dan foto bersama.