Pemantapan dan Peningkatan Kualitas UT sebagai PTTJJ melalui Review Tingkat Dunia

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan untuk menjadi pendidikan berkualitas dunia, Universitas Terbuka (UT) secara berkala dan berkelanjutan mengundang Lembaga akreditasi dan penjamin kualitas untuk melakukan evaluasi terhadap semua layanan. Salah satu upaya meningkatkan dan menjamin kualitas layanan pendidikan adalah dengan mengundang quality reviewers dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE). Tahun ini merupakan kali keempat dilaksanakannya quality review oleh ICDE setelah sebelumnya dilakukan pada tahun 2005, 2010, dan 2016.

Reviewer dari ICDE pada tahun ini adalah Prof. Alan Tait (The Open University, UK), Prof. Ebba Ossiannilsson (Lund University, Sweden), dan Prof. Shironica Priyanthi Karunanayaka (The Open University of Sri Lanka). ICDE bertugas memfasilitasi dan memberikan bantuan dalam pelaksanaan kegiatan penelaahan mutu kelembagaan UT. Proses review akan melibatkan jajaran pimpinan UT, unit di UT dan UPBJJ, para penulis bahan ajar dan tutor serta mahasiswa. Pelaksanaan review akan berlangsung di Kantor UT Pusat, UPBJJ-UT Palembang, UPBJJ-UT Surakarta dan UPBJJ-UT Manado selama empat hari pada tanggal 9-13 Desember 2019.

Rektor UT Prof. Ojat darojat, M.Bus., Ph.D. menyampaikan UT memiliki beberapa tantangan besar sebagai benchmark perguruan tinggi negeri jarak jauh di Indonesia, di antaranya UT dipercaya oleh pemerintah untuk meningkatkan jumlah 1 juta mahasiswa, serta mengembangkan Indonesia Cyber Education (ICE) Institute. Dengan adanya review dari lembaga internasional (ICDE) diharapkan dapat memacu UT untuk terus meningkatkan kualitasnya hingga menjadi sebuah institusi pendidikan berkualitas dunia.

Prof. Alan Tait dalam kesempatan ini menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada ICDE untuk dapat mereview berbagai layanan di UT. Beliau menambahkan, untuk memiliki layanan yang baik, harus meningkatkan kualitas layanannya terlebih dahulu. Dari pengamatan yang dilakukan di berbagai bidang, diharapkan dalam beberapa hari ini tim quality reviewers dari ICDE dapat memberikan masukannya untuk membantu UT agar tetap berkualitas dan menjadi PTTJJ  berkualitas dunia.